Tuesday, December 10, 2013

Manfaat Anggur Merah Bagi Kecantikan

DARI zaman dahulu, anggur dipercaya sebagai buah yang mengandung banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Bahkan anggur banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional, baik anggur yang masih berupa buah ataupun buah anggur yang difermentasi menjadi minuman.

Belakangan, popularitas anggur meningkat di kalangan wanita. Antioksidan yang terkandung di dalam anggur dipercaya dapat mempercantik kulit dan menghambat penuaan dini. Berbagai kosmetik dengan kandungan anggur pun laris manis di pasaran. Benarkah anggur bermanfaat bagi kesehatan kulit?

Pakar kecantikan RSIA Restu Beauty Skin Care dr Dewi Inong Irana, SpKK mengakui bahwa kelebihan buah anggur adalah kaya akan zat antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang menghambat proses oksidasi pada tubuh, termasuk kulit. 

Proses oksidasi merupakan pencampuran oksigen dengan zat berbahaya bagi tubuh. Sementara kulit, merupakan bagian yang mudah terpapar racun (oksidan). 

“Setiap harinya kita terkena polusi dari udara, gas CO2, asap rokok yang merupakan racun bagi kulit,” ujar dr Dewi. 

Selain itu, lanjutnya, stres dan gangguan psikis juga dapat bersifat oksidan bagi tubuh. Oleh karena itu, untuk menghambat paparan racun tersebut, kulit juga membutuhkan antioksidan. Buah anggur menyediakan kebutuhan ini.

Meski sekarang banyak suplemen dan produk kecantikan mengandung antioksidan dari anggur merah, namun Dewi tetap menyarankan agar mengonsumsi buah anggur secara langsung. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan manfaatnya secara alami. 

“Bagaimanapun, mendapat asupan antioksidan secara alami lebih baik daripada yang sudah mengalami proses kimia,” jelas Dewi. 

Selain antioksidan, kandungan lainnya dalam anggur merah yang juga bermanfaat bagi tubuh, di antaranya:

1.    Resveratrol sebagai zat yang mampu menurunkan kolesterol tubuh serta melindungi jantung. 
2.    Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.
3.    Vitamin E untuk menangkal radikal bebas.
4.    Vitamin K untuk menjaga dan menormalkan kekentalan/kebekuan darah.
5.    Flavonal dalam benih buah anggur dapat membantu menyembuhkan buta senja, kerusakan retina dan meningkatkan kualitas penglihatan.

No comments:

Post a Comment