Saturday, February 19, 2011

Penyakit Menular Sexual (PMS)



Gejala penyakit menular sexual atau PMS sering tidak dapat terdeteksi pada awalnya, tetapi jika pasangan anda terinfeksi atau anda telah melakukan  hubungan sexual dengan orang yang memang terinfeksi, anda disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter anda jika gejalanya cenderung berbentuk cairan yang keluar dari vagina, penis atau anus, atau  gatal atau sakit disekitar alat kelamin atau anus, atau benjolan atau bintik pada anus maupun alat kelamin.
Jika anda merasa mungkin memiliki penyakit menular sexual,anda harus segera konsultasi ke dokter andadengan cara menelepon rumah sakit atau dokter pribadi dan bertanya apakah ada klinik khusus yang dapat menangani masalah anda, biasanya jika anda memang sudah terbukti terjangkit penyakit ini maka anda akan di suruh untuk menghubungi partner sex terakhir anda, dan kemungkinan partner anda juga akan perlu pengobatan. Lalu hindari aktifitas sex sampai anda sembuh dari penyakit ini.
AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Syndrome, dan penyakit ini disebabkan oleh virus defisiensi immune manusia, dikenal sebagai HIV di dalam tubuh, virus ini menyerang sel darah putih yang biasanya melawan penyakit tetapi di alihkan untuk menghancurkan system imun tubuh. Virus ini juga menyerang otak. Butuh waktu tiga sampai empat tahun bagi HIV untuk berkembang mennjadi AIDS.
AIDS membuat pertahanan alami tubuh menjadi menurun, dan pasien AIDS cenderung rentan terhadap serangan penyakit dan virus virus lainnya seperti kanker daan pneumonia yang menyerang pasien AIDS sekaaligus. Seperti candida, herpes dan TBC. Pada saat yang sama ,otak semakin melemah dan semakir parah. Diantara satu dari sepuluh atau satu diantara tiga dari mereka yang terinfeksi HIV dapat berkembang menjadi AIDS. Belum ada obat yang dapat mengobati AIDS. AIDS biasanya berkembang melalui berbagai infeksi dan tahap yang meningkatkan kelemahann pada akhirnya akan menyebabkan kematian pada penderita.
Bagaimana menghindari AIDS
  • Selalu menggunakan kondom saat berhubungan intim dengan pasangan baru.
  • Hindari sex anal dan sex yang mengarah pada kekerasan, karena infeksi yang terjadi pada anus atau vagina dan penis dapat menjadi sarana berkembang virus tersebut.
  • Jangan berbagi sikat gigi, pisau cukur atau alat lain yang mungkin dapat mentransfer darah dari luka atau lecet.
Virus ini bekerja dalam cairan tubuh, terutama pada sel darah. Virus ini juga mungkin berada di air liur, meskipun penelitian menunjukan bahwa air liur membawa kemungkinan paling kecil sebagai sarana penularan. Sex anal dengan pasangan yang terinfeksi adalah cara yang mungkin untuk terjangkit AIDS, dan 80 persen kasus di inggris sejauh ini terjadi pada homosexual.
Cara yang paling umum kedua untuk dapat tertular virus ini adalah dengan melalui transfuse darah. Hampir seperempat penderita HIV di Hemofilia, mereka terjangkit virus ini karena transfusi darah yang mereka lakukan. HIV dalam darah juga dapat di tularkan pada jarum yang terinfeksi, dan pecandu narkoba adalah ketiga yang paling tinggi pada kelompok yang beresiko terjangkit virus tersebut.
HIV tidak hanya dapat menjangkit para homosexual atau promiscuous, pecandu obat atau haernophiliac serta heterosexual juga beresiko. Bahkan heterosexual dalam suatu hubungan yang stabil kemungkinan tertular penyakit jika pasangan mereka terinfeksi dalam hubungan sexual dengan pasangan sebelumnya. Oleh karena itu ketika memulai hubungan dengan pasangan yang baru, akan lebih aman kalau anda menggunakan kondom.
Gonore disebabkan oleh bakteri gogococcus, yang tidak dapat bertahan hidup di luar tubuh dan hanya ditularkan melalui hubungan sexual, dan tidak pernah (seperti yang kadang dibayangkan) dapat bertahan di kursi toilet maupun di handuk. Pada uretra pria, sepanjang saluran urin dari kandungan kemih dapat terinfeksi, dan kadang kadang saat buang air kecil ada cairan kental yang keluar dari penis dalam waktu seminggu setelah terinfeksi. Pada pria homosexual rectum mungkin terinfeksi pada iritasi dan debit dari anus. Pada wanita, gonore menginfeksi leher rahim, uretra dan rectum dan seperti dengan laki laki, mungkin ada debit dan rasa sakit saat buang air kecil. Jika infeeksi menyebar ke rahim ada 10 % kemungkinan bahwa saluran tuba buntu, yang  dapat menyebabkan kemandulan. Dan dahkan seringkali tidak ada gejala apapun sebelumnya.
Pengobatan untuk gonore biasanya satu dosiis antibiotic seperti penicillin, dengan tetap rutin melakukan chec up setelahnya untuk memastikan infeksi telah benar bersih. Jika gonore todak di diagnosis dan diobati, komplikasi serius dapat berkembang. Pada pria mungkin dapat terjangkit epicliiclymitis yaitu nyeri pembengkakan testis dan pada wanita mungkin menderita peritonitis yaitu radalam kasus kasus serius, dapat mengakibatkan kemandulan pada wanita dan juga pria, wanita hamil yang terinfeksi gonore dapat menularkan penyakitnya kepada bayinya.
Komplikasi uretritis non specific atau NSU dapat di identifikasikan dengan adanya benjolan, nyeri atau gatal di sekitar anus atau alat kelamin. Dan ada juga kemnungkinan dari debit vagina atau penis. Pengobatan penyakit ini biasanya membutuhkan waktu dua sampai tigaa minggu dengan mengkonsumsi antibiotic dan selama pengobatan pasien dilarang untuk mengkonsumsi alcohol karena hal ini dapat menyebabkan komplikasi terjadi, dan hal ini sama dengan gonore, Tetapi untungnya diagnosis penyakit ini dapat segera diketahui sehingga para penderita dapat mencegah penyakit ini untuk berkembang.
Sifilis sangat langka di inggris. Korban utamanya sebagian besar adalah para homosexual. Gejala sifilis muncul antara 10 hari sampai 12 minggu setelah terinfeksi. Pada tahap utama dari gejala penyakit ini muncul pada vagina, penis maupun dubur. Hal ini menimbulkan rasa sakit dan biasanya hilang dengan sangat cepat. Beberapa minggu kemudian pada tahap sekunder pasien akan mengalami demam dan pembengkakan pada kelenjar kulit yang mengakibatkan gatal. Penyakitt ini dapat disembuhkan dengan antibiotic tetapi jika karena beberapa alas an penderita harus dirawat untuk mencegah penyakit berkembang menjadi berbahaya.

Chlamycliais adalah salah satu PMS yang paling umum dan disebabkan oleh parasit bakteri yang disebut klamidia trachomatis. Penyakit ini dapat di diagnosis dengan alat tes dan pengobatan dengan antibiotic. Gejala pada laki laki termasuk debit kuning keputihan dari penis, buang air kecil terasa seperti terbakar dan kemerahan di ujung penis. Gejala pada wanita adalah sering merasa ingin buang air kecil yang mengakibatkan rasa ketidaknyamanan ringan yang mungkin terjadi seperti ketika mereka merasakkan sakit atau kram pada waktu menstruasi. Namun, banyak wanita tidak mengalami gejala yang terlihat sampai mereka akhirnya menderita akomplikasi seperti penyakit pelvic inflammatory yang addalah suatu kondisi serius yang dapat mengakibatkan ketidaksuburan. Bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi tersebut dapat menderita  infeksi mata, yang kadang kadang serius dan dapat mengakibatkan kebutaan atau pneumonia.
Herpes genital adalah infeksi virus yang ditularkan melalui hubungan sexual. Hal ini sangat mirip dengan jenis lain dari herpes, yang menyebabkan luka dingin, dan juga bisa ditularkan dengan melakukan hubungan sex oral dengan seseorang yang memiliki luka dingin aktif. Gejalanya gatal, nyeri di selangkangan, ketidaknyamanan pada saat buang air kecil dan demam di ikuti dengan munculnya lecet merah dan sakit pada vulva atau penis, yang pecah dan membentuk bisul. Setelah sekitar 10 hari lagi gejala hilang dan pasieen tampak sembuh. Tetapi infeksi ini hanya tertidur dan dapat kambuh lagi setiap saat. Terutama jika pasien mengalami stress.Belum ada pengobatan untuk penyakit ini. Sementara penyakit ini tertidur, aman untuk melakukan hubungan sexual tanpa menginfeksi pasangan, tetapi tidak mungkin untuk memprediksi serangan berikutnya, sehingga resiko infeksi tetap ada. Jika infeksi berkembang pada akhir kehamilan, proses kelahiran secara Caesar dapat dilakukan untuk mencegah bayi terinfeksi di jalan lahir.
Kutil kelamin sangat tidak menyenangkan tetapi tidak menimbulkan rasa sakit dan bisa diobati dengan mudah. Kutil biasanya muncul di vulva dan penis. Pemusnahan kutil adalah dengan cairan nitrogen lalu di lepaskan dari kulit. Kutil dapat mengakibatkan kanker serviks, oleh karena itu sangatlah penting untuk menyingkirkan kutil sesegera mungkin dan melakukan pap serviks secara teratur untuk mencegah kemungkinan menjadi penyakit yang berbahaya.
Thrush 
adalah infeksi jamur yang berkembang dalam kondisi tertentu dalam vagina. Hal ini biasanya terkait dengan mengkonsumsi pil,dan jika ini sering terjadi, mengganti metode kontrasepsi yang berbeda sangat dianjurkan. Seorang pria dapat menularkan sariawan meskipun ia biasanya tidak mempunyai gejala. Thrush menyebabkan rasa sakit pada vagina dan gatal serta keluarnya cairan putih kental. Dokter mungkin akan memberikan krim anti jamur yang akan di gunakan oleh kedua pasangan. Untuk menghindari penyakit ini anda diisarankan untuk menghindari mandi dengan air panas, hindari mengenakan celana ketat, celana jeans ketat dann hindari memakai celana dalam berbahan nilon.
Trikomoniasis adalah salah satu yang paling umum dan paling serius dari semua penyakit menular sexual dan dapat ditularkan meskipun anda selalu menjaga kebersihan dalam penggunaan handuk atau melalui hubungan sexual. Hal ini bisa eksis dalam bentuk gejala bebas dan beberapa orang bertindak pasif terhadap penyakit ini. Penyakit ini dapat menyebabkan debit dan nyeri pada saluran urine kedua jenis kelamin. Beberapa Obat tersedia untuk mengobati dan tingkat keberhasilannya cukup tinggi.

No comments:

Post a Comment