Wednesday, May 2, 2012

Apa itu Anyang-Anyangan?

Anda pernah mengalami perasaan tidak nyaman karena harus bolak balik ke kamar kecil untuk kencing sementara volume air kencing anda tidak banyak dan saat kencing di sertai dengan rasa sakit? kalau dalam bahasa kedokteran itu disebut Infeksi Kandung Kemih, tapi kita orang awam sering sebutnya dengan Anyang anyangan. 

Kebetulan ini baru saja terjadi pada saya tiga hari yang lalu, karena saya tidak nyaman saya akhirnya pergi chek ke dokter untuk chek urine,dan ternyata hasilnya saya positif terkena penyakit Infeksi Kandung Kemih, menurut dokter yang menangani saya,sebenarnya tidak bahaya karena saya hanya mengalami Infeksi ringan, tapi kalau dibiarkan bisa bahaya. Gimana ga bahaya coba, seharian kerjaanya cuma bolak balik ke kamar mandi tur pake nahan sakit lagi.. kan kerjaan yang lain bisa jadi terbengkalai.. Wah untung saya chek dokter tepat waktu, kalo tidak bisa kena Infeksi berat. Soalnya kata dokternya kalo Infeksinya sudah berat bisa kencing darah... wah wah wah ngeri saya... Mumpung saya ketemu dengan yang ahlinya, saya jadi tanya tanya banya informasi tentang penyakit ini. 

Menurut dokternya, penyakit ini bisa disebabkan karena kurang minum, kurang bergerak, banyak duduk dan terakhir yang menjadi penyebab utama saya terkena penyakit ini adalah karena saya suka nahan pipis. Naaahh yang suka nahan kencing dengan berbagai alasan sekarang mending hilangkan deh kebiasaan tersebut.. Kata dokter juga penyakit ini mudah diatasi, saya cuma di kasih Antibiotik dan penghilang rasa sakit, selain itu beliau juga berpesan agar saya harus banyak minum air putih dan tidak menahan buang air kecil. 

Sebenarnya Infeksi Kandung kemih juga bisa menyerang kaum pria, gejalanya sama dan cara menghindarinya juga sama, tetapi biasanya pada pria menyerang pada usia lanjut karena adanya pembesaran dengan gangguan pada saat buang air kecil. 

Nah sekarang buat yang biasanya males minum dan menunda untuk buang air kecil, mulai sekarang hilangkan kebiasaan tersebut ya.. biar ga keblabasan trus jadi penyakit yang lebih bahaya..Kedengaranya sepele ya dengan minum air putih yang banyak kita bisa terbebas dari berbagai penyakit, tapi memang bener kok,, saya sudah jadi korbanya.. gara gara kurang minum air putih jadi Anyang anyangan he he.. 

Salam :)

No comments:

Post a Comment