Sunday, April 29, 2012

7 Rahasia Untuk Membuat Hubungan Anda Awet Selamanya

Bahan materi artikel ini berdasarkan buku electronic yang ditulis oleh Alexandra Fox yang berjudul : 77 Secrets of Love In mid-2010, Dunia dikejutkan dengan berita dari wakil president dan aktivis lingkungan hidup Al Gore dan istrinya Tipper mengumumkan bahwa, setelah 40 tahun pernikahan, mereka akhirnya memutuskan bercerai.

Baru-baru ini, ada cerita dari tabloid baru yang muncul tentang hubungan special Al Gore dengan therapist pijat pribadinya, yang akhirnya meminta uang sebesar  1 juta dollar untuk membuatnya tutup mulut tentang hubungan gelap mereka. Well, ladies, here’s another way to become a millionaire :)

Today, dalam menanggapi berita ini, saya ingin berbicara tentang bagaimana cara membuat hubungan asmara awet selamanya. You know, kita menghabiskan so much waktu untuk membuat pria jatuh cinta kepada kita. 

Tapi apa gunanya kalau kita tidak bias membuat suatu hubungan itu berlangsung lama. It’s just as important, if not more important, to nurture your relationship, once it gets off the ground. Sekarang, let’s talk about 7 Rahasia Untuk membuat hubungan anda awet selamanya…

Rahasia #1 -  Jangan hanya bergantung pada ketertarikan FISIK
Saya menempatkan rahasia ini pada posisi pertama karena ini memang satu hal yang menjadi basic dalam suatu hubungan, bahkan hubungan pertemanan. Hal ini sudah pasti akan menentukan bagaimana suatu hubungan itu akan berlangsung. Namun masih saja banyak dari kita yang membuat kesalahan dengan memilih teman pria hanya dari penampilan luarnya saja. Saya tahu karena saya dulu juga melakukan hal yang sama :D. Sangat mudah sekali jatuh cinta dengan pria yang kita anggap tampan, dan banyak dari kita membuat kesalahan dengan meyakinkan diri sendiri kalau hubungan ini akan TERJADI dan dapat berlangsung lama. And it's amazing bagaimana perjuangan kita sebagai perempuan untuk membuat para pria jatuh hati kepada kita.  but with little or no success. It goes both ways, too, banyak dari kita menghabiskan banyak waktu mencoba untuk terlihat cantik di hadapan pria yang kita temui. And to an extent, it works –make up yang cantik, penampilan yang sensual, the right hair do can equate to more pria meminta nomer anda.

Anda masih ingat idola kita waktu tahun 90an Britney Spears? Ketika dia pertama kali terkenal , dia adalah pujaan seluruh pria di dunia. Everybody LOVED her. Jangan hanya mengandalkan penampilan fisik. It's enough to get things started, tapi tidak cukup untuk membuat pria menikahinya!

Rahasia #2 – Lihat kemana Emotional/Intellectual Chemistry menuntun anda
Sekarang perhatikan kemana type pendekatan ini menuntun anda dan perlu anda pelajari. This is the type of attraction that goes beyond physical. It can be one of two things --intellectual or emotional.

Intellectual attraction is ketika anda merasa bahwa anda tertarik pada cara befikir pria. It often goes like this, anda sudah kenal dengan seorang pria beberapa lama, tapi anda tidak pernah merasakan adanya ketertarikan pada penampilanya yang biasa – biasa saja, postur tubuhnya biasa saja, dan bahkan kariernya yang biasa saja.

Tapi sekali anda sat down with him one-on-one, dan discovered how INTERESTING and WONDERFUL he really is in person --you immediately feel a deep attraction for him.

That's intellectual attraction at work –dan ini adalah satu dari dua kunci untuk membuat hubungan anda awet selamanya!

Kunci kedua adalah EMOTIONAL attraction. Penjelasan yang ini sangat simple, emotional attraction adalah JATUH CINTA yang bahasa kerennya FALLING IN LOVE :D. Bukan Cuma kita yang dewasa aja lho yang bisa rasakan jatuh cinta, zaman sekarang mah udah banyak anak SD yang katanya juga udah pernah ngerasain jatuh cinta he he…

Sure, anda bisa saja jatuh cinta dengan pria dengan hanya melihat penampilan luarnya saja, tapi sekali lagi saya katakana bahwa itu cuma obsesi. And I can guaranty you that's just EXTERNAL. Dan ketika anda jatuh cinta hanya dari penampilannya saja itu adalah bukan benar – benar “CINTA”, itu Cuma sesaat, dan biasanya tidak pernah berlangsung lama, if that’s all there is.

Berikut adalah hal lain yang harus anda ingat dalam memori anda,  anda tidak memutuskan untuk jatuh cinta, anda tidak memilih kapan anda akan jatuh cinta. Ini akan berlangsung begitu saja tanpa anda tahu kapan itu dimulai dan ketika itu terjadi, you just KNOW it. Itu seperti ada sesuatu di otak anda dan tidak ada yang dapat merenggutnya dari anda.

Kalau anda tertarik secara emotionally and intellectually terhadap seorang pria dan si dia juga merasakan hal yang sama seperti anda, then congratulations! Anda dapat memulai langkah baru untuk membuat hubungan yang dapat bertahan dalam ujian dan waktu!

Rahasia #3- Understand Him
Ketika ada perceraian dan perpisahan, saya dapat mengidentifikasi 5 penyebab utama. Dan saya akan jelaskan satu persatu dalam rahasia ke 3 sampai ke 7.

Yang pertama adalah KESALAHPAHAMAN.

Banyak yang bilang kalau perempuan itu dari mars dan pria itu dari venus. Ada benernya kan? Ada beberapa hal yang dilakukan pria yang membuat kita susah untuk mengerti.

Itu yang membuat beberapa perempuan jengkel terhadap prianya, dan yang terjadi kemudian adalah kita angkat tangan dan kemudian berkata “aku menyerah”, hmmm… Kawan, anda tidak boleh dengan mudahnya berkata menyerah dan berharap bahwa hubungan akan berlangsung dengan mulus.

Ketika anda berhenti untuk mencoba mengerti bagaimana cara berfikir pria, itu berarti anda telah membuka hubungan dalam masalah, argument dan kesalahpahaman.

Here's a common misconception –bahwa ketika dia diam, para perempuan pasti beranggapan bahwa sesuatu pasti ada yang salah.

Diam saya yakin banyak dari kita sering lakukan khususnya ketika pasangan melakukan sesuatu yang tidak kita suka. (maksud saya adalah kita mendiamkan pasangan kita ketika kita ada masalah yang kalau menurut saya itu tidak adil). Tapi ini adalah kesalahpahaman besar. Anda harus ingat bahwa sementara kita melakukan aksi diam kita untuk menunjukan ketidaksukaan kita terhadap apa yang telah dia lakukan, dia juga diam tapi yang perlu anda ketahui mereka diam untuk alasan lain.

Ketika pria diam,bisa saja dia diam karena berfikir tentang pekerjaan, bagaimana cara membayar bill bulanan, dan bisa saja dia berfikir tentang masa depannya, mungkin masa depannya dengan anda!
Apapun itu, dia tidak marah dengan anda, jadi jangan bersikap defensive dan balas diam juga kepadanya! Tar bisa –bisa kita nyesel lhoo…

Kawan, anda tidak bisa "figure him out" hanya dalam beberapa bulan ataupun tahun, Anda harus terus “figure him out” selama puluhan tahun atau selama anda ingin hubungan anda bertahan!


Rahasia #4 -KOMUNIKASI
Dalam rahasia yang ke 3, saya menekankan pentingnya mengetahui bagaimana cara fikir pria. Di rahasia ke 4 ini, saya akan melangkah lebih jauh dan menekankan pentingnya sebuah KOMUNIKASI. Sesuai dengan bagaimana cara fikir pria. Saya tidak bisa menekan cukup tetapi sebenarnya komunikasi adalah sangat penting dalam sebuah hubungan. Banyak sekali hubungan yang berantakan karena mereka menyepelekan sebuah komunikasi.

Ada dua hal tentang komunikasi yang harus anda ketahui :
(1) Waktu. Sangat penting untuk menyisihkan waktu semisal dua kali atau satu kali seminggu untuk sekedar jalan- jalan dan berbicara satu sama lain tentang apapun. Ini sama seperti "lubricant" untuk suatu hubungan dan ini akan membuat hubungan anda berjalan dengan mulus.
(2) Memahami. Anda perlu tahu bagaimana pria berfikir dulu sebelum anda berharap untuk mengerti dia. 

Dan semakin anda tahu bagaimana dia berfikir, anda akan memahami bagaimana dia bertindak. (Dan semakin anda memahami bagaimana dia bertindak, akan semakin sedikit anda berargument dan semakin jarang ada salahpahaman di dalam hubungan anda!). Sanga penting sekali untuk memahami bagaimana dia berfikir tentang sesuatu. Semakin anda memahami dia, semakin anda dapat berkomunikasi dengan dia di level ini dan lebih sedikit pula masalah yang akan anda hadapi dalam kelangsungan hubungan anda!

Rahasia #5 -“Memberi”
Oh, ini dia masalah yang katanya cukup menggangu too many relationship...

Banyak orang yang get into marriages half-heartedly, thinking that relationships are centered around compromise. We tend to think that to make a relationship work, we'll have to find a middle ground and stick to that for the rest of our lives. Sorry, Saya punya pandangan yang berbeda tentang bagaimana membuat hubungan dengan pasangan berlangsung selamanya.

Saya pribadi tidak percaya dengan konsep "finding and sticking”  to a middle ground." Yang katanya konsep ini berdasar pada konsep "give and take," dimana anda dan pacar anda atau suami anda harus mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu di dalam suatu hubungan itu sendiri.

Dan sayangnya, itu yang menyebabkan banyak perceraian dimulai. Salah satu atau kedua belah pihak mulai lelah berkorban terlalu banyak dan menganggap pasanganya kurang berkorban untuknya. Lalu semakin sering argument terjadi dan lama kelamaan tidak ada lagi yang mau untuk berkompromi dan setelah itu terjadi, hubungan menjadi hambar.

Saran saya begini, Jangan pernah melakukan suatu hubungan setengah hati. Berfikirlah melakukan suatu hubungan itu adalah suatu investasi jangka panjang, dan tidak menganggapnya sebagai suatu permainan judi. And be ready to "give and give" instead of "give and take."

Ingat, Suatu hubungan kasih adalah bukan seperti transaksi bisnis. Kedua belah pihak harus menikmati ketika memberi dan membuat pasangannya bahagia. “Memberi ” harus menjadi suatu keindahan ketika anda memberikannya pada orang yang anda kasihi. Jangan pernah menghitung berapa banyak yang anda berikan pada pasangan maupun seberapa sedikit yang anda atau pasangan anda berikan. Don’t fall into that trap…

Rahasia #6 - Look At the Big Picture
Berikut ini adalah cara baik untuk melihat apakah seorang pria siap untuk menjalani hubungan yang serius.

Pertama Tanya tentang rencana masa depannya. Saya telah mempelajari cukup lama untuk mengetahui apa yang pria fikirkan tentang masa depan sebuah hubungan dan membuat rencana dalam mendapatkan goals untuk dirinya sendiri. Kebanyakan pria diluar sana berfikir “hidup untuk hari ini saja” mereka tidak percaya akan cara dalam menunda kepuasan diri, kebanyakan pria menerapkan konsep nikmati hari ini dan berfikir kemudian.

Sebenarnya tidak terlalu ada hubungannya dengan cinta dan hubungan asmara. Tapi, seperti kebanyakan dalam suatu hubungan selalu berlaku dua arah.

Apakah anda memikirkan masa depan? Apakah anda mengatur sesuatunya untuk mendapatkan goal untuk diri sendiri? Apakah anda rela mengenyampinkan kepuasan secondary anda untuk mencapai goal anda?

Kalau anda tidak pernah memikirkan tentang masa depan, dan anda tidak pernah melihat “the big picture”, percaya dech, anda jangan memulai menjalani hubungan yang serius dulu. Because you're simply not ready!
Yang sederhana adalah seperti ini, anda dan pasangan harus benar benar siap untuk menjalani hubungan yang benar benar serius dan akan berlangsung selamanya sebelum memutuskan untuk menikah.

Don't plan to just "wing it" as you go along. It doesn't work. (And even if it does, you'll still be pretty miserable, thinking how great your life would have been if you waited for someone who was better and more ready.)

Want to know what I believe? If either of you isn't ready to handle a relationship, you have no business getting into one in the first place. You have no business breaking anyone's heart. It's that simple!

Rahasia 7 – Jangan berfikir bahwa Pernikahan akan menyelesaikan masalah anda.
Ini adalah hal yang menyebabkan banyak perceraian terjadi di seluruh belahan dunia bahwa MENIKAH akan otomatis menyelesaikan konflik diantara para pasangan selama berpacaran. Sangat banyak dari kita berfikir bahwa tidak ada yang sempurna di antara pasangan dan memilih untuk menikah dan "sealing the deal" akan menyelesaikan semuanya. Well.. for me is Big mistake!

Marriage does not, and NEVER WILL, solve your problems. Here's how it works --marriage doesn't fix a relationship. It only MAGNIFIES what's already there.

Jadi, jika hubungan anda terkendala oleh masalah, maka pernikahan otomatis akan menjadi kendala yang lebih besar lagi. If your relationship is on-and-off, then your marriage will be EVEN MORE on-and-off.

Tetapi jika hubungan anda harmonis, coba tebak bagaimana harmonisnya pernikahan anda nantinya…  Jika hubungan anda sekarang menurut anda dan pasangan sangat menyenangkan, coba bayangkan pastinya pernikahan anda akan lebih menyenangkan. You get the idea!

Itulah sebabnya sangat penting sekali untuk membuat suatu commitment pada diri sendiri sebelum bercomitment pada hubungan yang serius. Anda harus menghabiskan cukup waktu untuk membentuk pondasi dari sebuah hubungan itu sendiri. Yaitu CINTA dan pondasi itu akan cukup kuat dalam menopang suatu hubungan selamanya.

Dan itulah pesan yang mau saya sampaikan kepada seluruh wanita di dunia. Semoga tulisan saya ini dapat diterima secara positif dan memberikan effect yang positif pula bagi anda dalam memandang suatu cinta dan suatu hubungan…

Salam :)

No comments:

Post a Comment